Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit tidak menular yang mengalami kenaikan jumlah penderita signifikan. DM yang tidak terkendali dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang berdampak pada morbiditas dan mortalitas. Pengendalian DM diupayakan dengan pengobatan teratur dan perbaikan pola hidup. Layanan terhadap pasien penderita DM selama ini kurang memuaskan. Media pendaftaran pasien DM dilakukan melalui loket dengan waktu tunggu yang cukup lama, menimbulkan kelelahan pasien. Kepatuhan berobat pasien rendah (30%). Prevalensi DM cenderung meningkat, biaya medis mahal, dan pasien DM tidak patuh berobat ke PTM Cengkareng sehingga sering terjadi komplikasi jantung dan stroke. Puskesmas Cengkareng melakukan terobosan untuk meningkatkan kepatuhan berobat pasien DM melalui gerakan Gugus Kendali Mutu (GKM) GENDIS, merupakan layanan cepat paperless untuk meningkatkan kepatuhan berobat pasien DM, dengan memperhatikan aspek-aspek orang, bahan, cara, dan alat dalam layanan. Sosialisasi, konseling, dan penyuluhan penyakit DM dilakukan melalui media audiovisual.
GKM Gendis menggunakan SIGARENG (Sistem SMS Gateway Puskesmas Cengkareng), pem- berian kartu kendali berobat untuk pasien, pembuatan sistem pesan pengingat pasien pada satu hari sebelum jadwal kontrol, pemberian lembar informasi program SIGARENG, konsultasi melalui SMS dan penggunaan alat peraga bergambar dan elektronik dalam penyuluhan. GKM Gendis memperbaiki layanan, dan standar pelayanan dengan menawarkan metode layanan baru melalui media elektronik sehingga efisiensi tercapai dan aksesibilitas lebih baik. Sebelum inovasi, layanan pasien DM tidak memberikan kepuasan pasien. Setelah inisiatif, terjadi perubahan layanan secara signifikan (waktu tunggu, kinerja petugas, kemudahan konsultasi) sehingga meningkatkan kepercayaan dan kepuasan pengunjung. Peningkatan kepatuhan berobat pasien DM menggambarkan keberhasilan inovasi GKM Gendis. SMS Gateway Pendaftaran untuk mempersingkat waktu pelayanan pasien. Waktu pelayanan menjadi efisien, efektif, dan mengurangi kelelahan pasien, SMS Reminder kontrol berobat pasien meningkatkan kepatuhan pasien karena pasien merasa diperhatikan dan menambah semangat pasien untuk control. Tersedia e-konsultasi via SMS, penggunaan lembar informasi SIGARENG, kartu kendali berobat, dan media audiovisual untuk konseling dan penyuluhan. Kesadaran pasien untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki gaya hidup teratur terutama pola diet dan aktivitas fisik menigkat. Penggunaan teknologi dan system pengingat yang efektif dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam berobat secara rutin. Penjelasan tentang gaya hidup sehat bagi pasien dengan konseling dan penggunaan audiovisual lebih efektif merubah gaya hidup pasien.
Sumber: sinovik.menpan.go.id
Gambar: inovasi.lan.go.id