Pemerintah Siapkan Kapal Menjemput TKI Overstay

0

Pemerintah menyiapkan kapal Pelni KM Labobar untuk menjemput 2.928 TKI Bermasalah (TKIB) atau WNI Overstay (WNIO) dari Jeddah, Arab Saudi. Untuk melihat langsung kesiapan pemberangkatan KM Labobar, Menteri Kesehatan dr. Endang Rahayu Sedyaningsih MPH bersama Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat, H.R Agung Laksono, Menteri Perhubungan Freddy Numberi, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ny. Linda Amalia Sari Gumelar, dan Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat meninjau KM Labobar di Pelabuhan Tanjung Priok, 8 April 2011.

H.R Agung Laksono mengatakan, untuk mengatasi TKIB/WNIO di Arab Saudi, Pemerintah memutuskan memulangkan 5.000 orang dan keluarganya dari Jeddah. Saat ini telah dipulangkan 2.072 orang dengan menggunakan pesawat Garuda dalam 6 kloter dan akan dipulangkan lagi sebanyak 2.928 orang dari Jeddah dengan menggunakan KM Labobar. Para TKIB/WNIO tersebut 90% diantaranya terdiri dari wanita dan anak-anak.

“Ini adalah bentuk kewajiban pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada rakyatnya”, ujar Menko Kesra.

Ditambahkan, untuk kelancaran pelaksanaan pemulangan TKIB/WNIO dari Jeddah telah dibentuk Tim Koordinasi Teknis dengan SK Menko Kesra terdiri dari Kementerian Luar Negeri untuk koordinasi selama di Jeddah, koordinasi selama di perjalanan diketuai Kementerian Perhubungan dan setibanya di tanah air dikoodinasi oleh Kemenko Kesra.

“Untuk memberikan pelayanan kesehatan, kapal telah dilengkapi dengan fasilitas kesehatan,     13 tenaga dokter dan para medis dari Kementerian Kesehatan”, ujar Menkes.

Sementara itu Jussabella Sahea, Dirut PT. Pelni menyatakan KM Labobar berkapasitas 3.084 orang dan 136 ABK termasuk nahkoda, telah memenuhi persyaratan pelayaran internasional sejak 26 Maret 2011.  Kapal diberangkatkan (10/04) menuju Jeddah menempuh jarak 4.905 mil laut. Di Jeddah dijadwalkan tiba Rabu (20/04). KM Labobar akan berada di Jeddah selama 2 hari untuk melaksanakan persiapan, administrasi dan melaksanakan embarkasi untuk para penumpang. Direncanakan KM Labobar berangkat dari Jeddah Jumat, (22/04) dan tiba di Tanjung Priok (03/05).

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-52907416-9, faks: 52921669, PTRC: 021-500567, atau alamat e-mail puskom.publik@yahoo.co.id, info@depkes.go.id, kontak@depkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan