Pembangunan Kesehatan Takkan Berhasil Tanpa Dukungan para Pemangku Kepentingan dan Seluruh Masyarakat

0

Hari ini (12/11), Menteri Kesehatan RI, dr. Nafsiah Mboi, Sp.A, MPH, memimpin upacara peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-48 yang bertema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub-tema “Ibu Selamat Anak Sehat” di lapangan kantor Kemenkes, Jakarta. Upacara diikuti para pegawai Kementerian Kesehatan, yang berasal dari kantor pusat maupun perwakilan unit pelaksana teknis (UPT), rumah sakit vertikal, organisasi kemasyarakatan dan dunia usaha.

Dalam sambutannya, Menkes menyatakan bahwa pembangunan kesehatan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan, peran serta dan komitmen seluruh pemangku kepentingan dan seluruh lapisan masyarakat. Karena itu, dalam peringatan HKN ke-48 tersebut, Menkes menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terus memberikan  dukungan bagi suksesnya pembangunan kesehatan di tanah air tercinta.

“Secara khusus, atas nama Pemerintah dan Rakyat Indonesia saya ingin menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada setiap petugas dan tenaga kesehatan yang melayani masyarakat di daerah-daerah yang paling susah, di gunung-gunung dan pantai, di daerah pedesan yang terpencil, bahkan di pulau-pulau, di daerah perbatasan, daerah-daerah di mana masyarakat secara khusus membutuhkan sentuhan petugas kesehatan”, kata Menkes.

Pada kesempatan tersebut, Menkes mengajak semua pihak, untuk memelihara, menjaga, meningkatkan serta mencintai kesehatan sebagai perilaku sehari-hari dengan menjaga dirinya agar sehat dan tetap sehat, dari dalam kandungan sampai seumur hidup. Hal ini dilakukan dalam rangka menciptakan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat.

Usai pelaksanaan upacara, Menkes membuka pameran foto HKN 2012, yang bertema selaras dengan peringatan HKN ke-48, yaitu “Ibu Selamat Anak Sehat”. Dalam kegiatan tersebut, dipamerkan berbagai karya fotografi para pegawai Kementerian Kesehatan, juga dokumentasi berbagai unit di Kemenkes. Hal yang menarik dalam pameran tersebut adalah keberadaan salah satu sudut “in memoriam Ibu Endang Rahayu Sedyaningsih”, dalam rangka mengenang jasa almarhumah dalam pembangunan kesehatan di Indonesia.

Hari  Kesehatan Nasional (HKN) diperingati setiap tanggal 12 November setiap tahun. Tahun ini, peringatan HKN diawali dengan pelaksanaan upacara. Dilanjutkan dengan peresmian pameran foto, dan pembukaan seminar “skrining hipotiroid kongenital cegah keterbelakangan mental dan anemi defisiensi besi pada anak”. Selanjutnya, dilakukan pula penandatangan memorandum of understanding (MoU) antara Kemenkes dengan 4 lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan 8 pimpinan dunia usaha.

Selain itu, diselenggarakan pula malam resepsi pada Senin malam (12/11) dengan agenda utama adalah pemberian tanda penghargaan Manggala Karya Bakti Husada, Ksatria Bakti Husada, Mitra Bakti Husada. Selanjutnya, akan diberikan pula penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Berprestasi, Institusi Kesehatan Berprestasi, Perpustakaan terbaik di lingkungan Kemenkes RI, serta pengumuman pemenang lomba K3, kebersihan dan kerapihan.

Berita ini disiarkan oleh Pusat Komunikasi Publik, Sekretariat Jenderal Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: (021) 52907416-9, faksimili: (021) 52921669, Pusat Tanggap Respon Cepat (PTRC): <kode lokal> 500-567 dan 081281562620 (sms), atau e-mail kontak@depkes.go.id.

Bagikan.

Tentang Penulis

Redaksi Sehat Negeriku

Tinggalkan Balasan