Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Minggu, 05/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Menerobos Tantangan Pelayanan Kesehatan di Gugus Kepulauan

Rokom by Rokom
11 April 2019
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Ambon, 8 April 2019

Provinsi Maluku dengan kondisi geografis yang berwujud gugus pulau menjadi tantangan tersendiri bagi pelayanan kesehatan. Beberapa permasalahan yang pelik dihadapi oleh Provinsi Maluku seperti biaya transportasi yang tinggi, distribusi logistik yang tidak merata, serta kondisi alam yang tidak mendukung.

“Pelayanan kesehatan di gugus pulau ini harus memiliki terobosan dan strategi tersendiri untuk menuntaskan permasalahan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian neonatal (AKN). Mengingat dari segi transportasi, kondisi alam dan rentang kendali yang kurang mendukung,” kata Nila Moeloek saat menghadiri Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Maluku pada Senin (8/4) di Kota Ambon.

Akan tetapi, berbagai permasalahan yang dihadapi tidak mematikan semangat dalam membangun pelayanan kesehatan yang lebih baik. Berbagai inovasi telah dilakukan oleh dinas kesehatan Kota/Kabupaten di Provinsi Maluku untuk mengentaskan 5 isu prioritas kesehatan nasional, salah satunya penurunan AKI dan AKN. Neonatal Disorders masih menduduki peringkat 3 DALY Lost di Provinsi Maluku.

Dalam penurunan jumlah AKI, Kabupaten Kepulauan Tanimbar memiliki inovasi yang patut diacungi jempol . Pada tahun 2014, Kabupaten Kepulauan Tanimbar mendapatkan predikat Pelita Nusantara dalam MDGs melalui inovasi Rumah Tunggu Kehamilan dan Kelahiran. Rumah Tunggu dibentuk pada tahun 2007, dan disosialisasikan pada tahun 2009.

“Rumah tunggu berstrategi gugus pulau ini dilakukan dengan mendatangkan ibu H-7 (pra salin) dan H+7 (pasca persalinan). Proses ini dan penguatan sistemnnya dilakukan di Puskesmas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Dasar (PONED),” kata Juliana Ch. Ratuanak, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Juliana menjelaskan bahwa di Puskesmas PONED sudah ditempatkan dokter, perawat, dan bidan yang terampil, berpengalaman dan capable dalam mengambil keputusan. “Uji coba Rumah Tunggu dilakukan selama 3 tahun berturut-turut yang menghasilkan perubahan jumlah AKI yang turun secara signifikan. Bahkan jumlah AKI pada tahun 2017 mencapai angka 0,” tutur Juliana.

“Kami juga menegaskan Rumah Tunggu bukan untuk persalinan. Persalinan tetap di Fasyankes, dengan tenaga kesehatan dan alat kesehatan yang mumpuni. Terima kasih Kementerian Kesehatan, dengan pembangunan kesehatan di perbatasan membuat kita semakin percaya diri untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” ujar Juliana

Potret Pelayanan Kesehatan di Kepulauan Tanimbar

Bukan persoalan yang mudah bagi Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terdiri dari 100 pulau untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun, bukan berarti semangat melayani masyarakat redup karena kendala-kendala tersebut.

“Kami (Dinkes Kabupaten Kepulauan Tanimbar) melakukan pendekatan pelayanan kesehatan yang berbasis gugus pulau yang terbagi menjadi dua gugus, yaitu Tanimbar Utara dan Tanimbar Selatan,” kata Juliana. Penguatan sistimnya dengan 3 hal pokok yaitu pemenuhan SDM, penguatan sarana dan prasarana kesehatan serta informasi transportasi.

Juliana mengaku cukup terbantu dengan pembangunan puskesmas di DTPK dan sarana transportasi laut yang mumpuni. “Jika dahulu proses rujukan bisa memakan waktu 7-8 jam, sekarang hanya 2 jam saja. Tentunya didukung dengan penguatan sistem pelayanan kesehatan di gugus pulau,” tambahnya.

“Meskipun gugus kepulauan ini menjadi tantangan bagi kami, kami tetap semangat karena dukungan dari pusat, provinsi dan daerah,” tutup Juliana saat Rakerkesda Provinsi Maluku.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.(Tal)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Menkes Ajak Masyarakat Berani Deteksi Dini Kanker

4 Februari 2023
blank

Kemenkes dan MD Anderson Cancer Center Jalin Kerja Sama Atasi Kanker

3 Februari 2023
blank

Hasil Sero Survei ke-3 : Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster

3 Februari 2023
blank

Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Akan Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

2 Februari 2023
blank

Kemenkes Bersama Komisi IX DPR RI Pastikan Penyiapan Fasilitas Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

2 Februari 2023
blank

Menkes Budi Minta pokja RCCE Dukung Komunikasi Penyakit Lainnya

2 Februari 2023
Next Post
blank

Babak Baru Pelayanan Kesehatan Indonesia Timur

blank

Dinkes Makassar Latih Ratusan Nakes Metode Kesehatan Tradisional

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.