Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Sabtu, 04/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Berkat Home Care, Puskesmas Kassi-Kassi Dekat di Hati

Rokom by Rokom
19 Januari 2017
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Menyandang status model percontohan nasional membuat Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kassi-Kassi semakin dekat melayani masyarakat.

Puskesmas yang berlokasi di Jalan Tamalate I, Kelurahan Kassi Kassi, Kecamatan Rappocini sejak tahun 2014 lalu dapat melayani pelayanan dasar masyarakat, termasuk konsultasi gizi, klinik untuk pasien kelebihan berat badan, konsultasi alergi dan lainnya. Plus, prosedur pendaftaran hingga rujukan yang kian mudah secara online.

“Fasilitas ini bertujuan mendekatkan akses pelayanan dasar dan menjadi filter pelayanan kesehatan agar rumah sakit tidak lagi menjadi Puskesmas raksasa tapi lebih berfungsi menjadi rumah sakit rujukan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar dr. Naisyah Tun Azikin, M.Kes dalam kunjungan media nasional ke Puskesmas Kassi-Kassi, Sulsel, Kamis (19/1/2017).

Semua fasilitas, ujarnya, sudah distandarisasi. Selain bangunan yang diperindah, lanjut Naisyah, pelayanan hingga fasilitas juga ditingkatkan.

Pasien yang hendak dirawat di Puskesmas Kassi-Kassi cukup mendaftar via online di laman yang tersedia. Sedangkan jika hendak dirujuk ke RS, pihak Puskesmas bakal mendaftarkan pasien tersebut via online berbasis data kamar yang terintegrasi.

Adapun fasilitas sekelas rumah sakit berkelas yang dimiliki oleh Puskesmas berlantai tiga ini di antaranya, seluruh ruang perawatan ber-AC, pantauan CCTV, dan pelayanan pemeriksaan online dari satu ruangan ke ruangan lain.

“Selain itu, ada delapan dokter umum dan sejumlah dokter spesialis,” imbuh Naisyah.

Naisyah menjelaskan bahwa Puskesmas Kassi-Kassi saat ini juga telah menerima pasien rawat inap atau opname. Bahkan, Unit Gawat Darurat (UGD) di Puskesmas tersebut melayani 24 jam serta menyediakan pelayanan persalinan bagi ibu-ibu yang hendak melahirkan.

“Di sana (Puskesmas Kassi Kassi) sudah ada rawat inapnya. UGD sudah 24 jam serta melayani persalinan bagi ibu melahirkan,” kata Kepala Puskesmas Kassi Kassi dr. Marriaty Jasin, M.Kes.

Fasilitas lain yang disiapkan adalah mobil Home Care yang diberi nama Dottoro’ta yang berarti dokter kita. Mobil yang layaknya Puskesmas berjalan itu memiliki fasilitas pertolongan pertama yang canggih.

Di dalam mobil mini van itu terdapat monitor dan GPS agar bisa cepat sampai di lokasi tujuan. Selain itu, ada EKG -pengukur kinerja jantung- dan USG yang datanya langsung terhubung ke Puskesmas.

Ada pula peralatan standar lain seperti stetoskop, tensimeter, obat-obatan generik dan peralatan lainnya. “Jadi pasien yang dirawat oleh mobil Home Care dapat segera tahu penyakit apa yang diderita. Telemedicine itu juga tersambung langsung dengan dokter secara online,” tutur Marriaty.

Melalui home care 24 jam, ia yakin dapat membantu 6 kelurahan atau 83.000 warga yang dinaungi Puskesmas Kassi-Kassi. Hal ini terbukti dari jumlah kunjungan sakit 35.430 medio tahun 2016 jauh lebih besar 3 kali lipat atau sekira 110 ribu kunjungan pada tahun 2016. Program inovatif Puskesmas Kassi-Kassi lainnya adalah Lorong Sehat dan Posyandu Bunda.

Home Care di Makassar

Naisyah kembali menuturkan, pasien yang hendak menggunakan home care bisa menghubungi nomor 112. Nomor tersebut tersambung dengan war room Pemkot Makassar. Integrasi nomor 112 dilakukan agar tim menghubungi layanan home care terdekat dan segera mengirimkan tim yang terdiri dari dokter, perawat dan sopir ke rumah pasien. Semuanya tersedia secara gratis.

“Konsepnya, dia diobati di rumah. Kalau terpaksa, kita ada kasur lipat untuk membawa ke Puskesmas. Tapi, fungsinya memang bukan untuk ambulans,” kata Naisyah.

Sambutan warga Makassar sangat tinggi. Terbukti dari jumlah kunjungan home care 24 jam menjangkau sekira 4.546 pasien. Kunjungan home care sebanyak 86 persen dilayani di rumah dan hanya 10 persen dirujuk. Artinya, home care efektif untuk mengurangi angka rujukan.

“Kedepan kami sediakan satu ambulans laut Dotoratta untuk upaya home care di kepulauan dari dana APBD untuk akses rujukan karena permintaan transportasi layanan kesehatan terpadu via laut membutuhkan biaya Rp 3 juta per perjalanan,” ungkap Naisyah.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat,Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

Oscar Primadi

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Cegah Stunting Pada Anak Dengan Protein Hewani

25 Januari 2023
blank

Masyarakat Diminta Segera Booster Kedua COVID-19

25 Januari 2023
blank

Protein Hewani Efektif Cegah Anak Alami Stunting

21 Januari 2023
blank

HGN 63: Protein Hewani Cegah Stunting

30 Januari 2023
blank

3 Aksi Menkes Benahi Data Kesehatan

20 Januari 2023
blank

Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua

21 Januari 2023
Next Post
blank

Menggali Potensi Health Tourism dari BKTM Makassar

blank

Kantor Kesehatan Pelabuhan Tolok Ukur Ketercapaian Istithaah Haji

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.