Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Kamis, 09/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

KKHI Makkah Hadirkan Layanan Paripurna Bagi Jemaah Haji Indonesia

Rokom by Rokom
02 Agustus 2019
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 1 Agustus 2019.

Sebuah gedung perkantoran berdiri megah di kawasan Aziziyah Janubiyah, Makkah. Gedung berlantai 17 itu, selain sebagai kantor, fungsi utamanya adalah sebagai klinik kesehatan.

Sejak tahun 2017, Indonsia telah memiliki Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah baru. Gedung yang diadakan melalui DIPA Kementerian Kesehatan ini memiliki kapasitas yang lebih besar dan layanan yang lebih lengkap ketimbang KKHI Makkah lama.
“KKHI Makkah dapat menampung 300 lebih jemaah sakit”, terang Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, di Jakarta.

whatsapp-image-2019-07-28-at-16-54-10

Jenis layanan kesehatan yang disediakan sangat lengkap layaknya rumah sakit di Indonesia pada umumnya. Selama di Makkah, jemaah haji Indonesia yang mengalami masalah kesehatan akan mendapatkan layanan dasar dan spesialistik yang paripurna dari KKHI Makkah.

Jenis layanan medis dasar yang tersedia antara lain layanan gawat darurat (UGD), layanan intensif (ICU), rawat jalan, rawat inap, layanan rujukan, rehabilitasi medik dan poliklinik gigi. Selain itu juga terdapat layanan penunjang seperti laboratorium, kefarmasian, layanan gizi, elektromedik hingga sanitasi. Bahkan KKHI Makkah juga memfasilitasi layanan safari wukuf, tanazul dan evakuasi bagi pasien yang masih dirawat.

Tidak hanya melakukan upaya kuratif rehabilitatif, KKHI Makkah juga menggiatkan kegiatan promotif preventif. Beberapa dokter dan dokter spesialis dilibatkan dalam penyampaian edukasi kesehatan bersama dengan Tim Promotif Preventif (TPP) ke kloter-kloter. Kegiatan prmotif preventif yang dilakukan sejak dari tanah air hingga di Arab Saudi terbukti mampu menurunkan angka kunjungan ke KKHI Makkah.
“Jumlah jamaah yang jatuh sakit dan memerlukan tindakan kuratif rehabilitatif baik di KKHI Mekah maupun RS Arab Saudi secara statistik lebih rendah dari tahun-tahun sebelumnya,” kata dr. Ali Setiawan, Sp.B, Direktur KKHI Makkah.

Untuk melayani jemaah haji Indonesia, KKHI didukung sumber daya manusia kesehatan yang memadai. Terdapat lebih dari 100 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, dokter spesialis, apoteker, perawat, sanitarian, ahli gizi, kesehatan masyarakat dan sebagainya.

Dokter spesialis yang ada terbilang komplet. Tercatat ada 9 jenis dokter ahli yang terdiri atas: 3 orang dokter spesialis penyakit dalam, 4 spesialis paru, 3 spesialis bedah, 3 spesialis jantung dan pembuluh darah, 3 spesialis syaraf, 3 spesialis kedokteran jiwa, 2 spesialis anestesi, 1 spesialis kedokteran penerbangan dan 1 spesialis rehabilitasi medik.

whatsapp-image-2019-08-01-at-11-35-20

Seluruh aktivitas layanan medis juga didukung oleh 72 orang tenaga pendukung kesehatan yang siaga 24 jam baik di KKHI maupun di beberapa RS Arab Saudi untuk mempercepat penanganan rujukan ke RS, baik dari kloter, sektor maupun KKHI.

Tak hanya itu, upaya pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji selama di Makkah juga didukung oleh Tim Promotif Preventif sejumlah 22 orang dan Tim Gerak Cepat (TGC) Daker Makkah sebanyak 55 orang. TGC juga diperkuat dengan 11 ambulans untuk layanan kegawatdaruratan di 11 sektor di wilayah Makkah.

Dari 17 lantai, tiga lantai diantaranya digunakan untuk layanan medik langsung seperti ruang UGD, ruang ICU, ruang rawat inap, dan ruang rawat psikiatri. Sisanya diperuntukkan untuk depo farmasi, layanan penunjang medik, tempat tinggal petugas, ruang kerja, sekretariat tim, parkir kendaraan dan gudang.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (AM)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM.

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Awas! Beredar Surat Palsu Mengatasnamakan Kementerian Kesehatan Terkait Pengembangan Program SATU SEHAT

9 Februari 2023
blank

RSCM Masuk Peringkat 36 The Most Reputable Academic Medical Center 2023

8 Februari 2023
blank

Kemenkes Kejar Target Semua RS Bisa Layani Pasien Kanker

7 Februari 2023
blank

Dukung Peningkatan Layanan Jantung Anak di Indonesia, IDAI-PERKI Tandatangani MoU

6 Februari 2023
blank

Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan Brain Check Up

7 Februari 2023
blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
Next Post
blank

Jemaah Haji Diimbau Hindari Kelelahan

blank

Indonesia Dorong Kerjasama Kesehatan BIMST Lebih Konkrit

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.