Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Selasa, 17/06/2025
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Layanan KKHI Makkah Usai Armuzna

Rokom by Rokom
13 September 2019
Reading Time: 3 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 18 Agustus 2019.

Tahapan pembinaan, pelayanan dan perlindungan kepada jemaah haji umumnya dibagi menjadi tiga fase; pra Armuzna, Armuzna dan pasca Armuzna. Saat ini penyelenggaraan sudah pada tahap pasca Armuzna. Ada pendekatan yang berbeda pada fase ini mengingat saat inilah puncaknya kepadatan layana5n kesehatan pada jemaah haji.

Peningkatan jumlah kunjungan ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah mulai terasa setelah berakhirnya masa puncak haji di Armuzna pada 14 Agustus 2019. Terjadi lonjakan angka pasien rawat jalan dan rawat inap di KKHI Makkah yang cukup bermakna. Situasi tersebut yang dirasakan oleh petugas kesehatan di KKHI Makkah saat ini.
“Pelayanan di KKHI Makkah puncaknya setelah waktu Armuzna, karena itu puncak ibadahnya. Jemaah dari seluruh dunia ada di sini [Makkah],” ungkap dr. Meity Adriana, Sp.JP, Penanggung Jawab Pelayanan Medis KKHI Makkah.

Berdasarkan data laporan kunjungan ke KKHI Makkah, tanggal 15 Agustus 2019 terjadi lonjakan angka kunjungan harian tertinggi yang mencapai 154 orang pasien. Total kunjungan hingga hari operasional ke-35 (16/8) KKHI Makkah sebanyak 2.679 orang. Untuk mengantisipasi kemungkinan masih tingginya jumlah kunjungan, KKHI Makkah telah menyiapkan menyiapkan beberapa strategi layanan.

20190808_163031

Strategi pertama dengan memperketat kriteria triase. Bagi pasien-pasien yang datang dengan label kuning akan dirawat di KKHI Makkah. Sementara yang berlabel merah akan langsung dirujuk ke salah satu rumah sakit Arab Saudi.

Menurut Meity, dari segi jenis penyakit, baik sebelum dan sesudah Armuzna umumnya sama, yakni ISPA dan Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK). Hanya saja dari volumenya saat ini semakin bertambah. Penyakit-penyakit tersebut kebanyakan terpicu karena faktor kelelahan dan dehidrasi yang dialami oleh jemaah haji.

Selanjutnya, petugas kesehatan akan menurunkan kekuatan ‘full team’ untuk memberikan pelayanan. KKHI Makkah juga sudah menyiapkan stok obat-obatan termasuk vitamin yang dibutuhkan pasien.

Penguatan visitasi terutama bagi pasien yang dirawat di RS Arab Saudi juga dilakukan. Menjalin komunikasi intens dengan para dokter di rumah sakit tersebut khususnya terkait riwayat penyakit pasien. Dengan komunikasi dan informasi yang baik, maka diharapkan pasien akan mendapatkan terapi yang maksimal.

Khusus bagi jemaah haji yang akan kembali ke tanah air dalam waktu dekat dan masih dalam masa perawatan di KKHI dan RS Arab Saudi, tentu akan dilakukan penanganan terlebih dulu hingga dinyatakan sehat dan laik terbang.
“Ada beberapa pasien yang masih membutuhkan perawatan, tentunya kami akan serahkan kepada pihak rumah sakit Arab Saudi. Dengan pantauan dari kami dari tenaga kesehatan Indonesia untuk mendapatkan terapi maksimal dulu dan mereka dinyatakan layak untuk terbang,” jelas Meity.

“Kami tidak akan memaksakan untuk dipulangkan karena beberapa pasien membutuhkan alat bantu nafas itu kan tidak mungkin. Sedangkan ada beberapa kriteria untuk perjalanan jauh ataupun naik pesawat itu ada beberapa kriteria yang harus diikuti,” imbuhnya lagi.

Di tempat terpisah, Direktur KKHI Makkah, dr. Ali Setiawan, Sp.B, mengatakan bahwa layanan operasional KKHI Makkah akan berakhir pada 6 September 2019. Peningkatan jumlah kunjungan beberapa hari terakhir usai periode Armuzna sampai dengan masa akhir operasional tentu membutuhkan pengelolaan yang tepat. Seluruh petugas kesehatan harus bisa menyiapkan kesehatan para jemaah haji Indonesia, baik yang tengah dirawat maupun yang dalam kondisi sehat, agar bisa pulang ke tanah air dengan memenuhi kriteria kesehatan penerbangan.
“Untuk pasien dengan kondisi kesehatan tertentu yang harus dipulangkan terpisah dari kloternya, ini juga memerlukan pengaturan khusus. Bagaimana pengurusan paspornya, form medif, koordinasi dengan kloter, teknis evakuasinya dan sebagainya,” terang Ali.

Anggota Tim Asistensi Kemenkes, Sundoyo, SH, MH, turut memperhatikan situasi pasca Armuzna. Ia meminta agar petugas kesehatan tetap semangat dan mengerahkan dedikasi yang tinggi untuk mengantisipasi lonjakan jemaah haji yang sakit setelah mengikuti prosesi ibadah di Armuzna.
“Jemaah haji yang sudah kelelahan atau kecapean ini harus segera kita layani, kita pulihkan kembali, sehingga mereka bisa kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat,” kata Sundoyo, usai mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-47 di KKHI Makkah.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email [email protected]. (AM).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM.

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Global Fund: Nyamuk Tak Kenal Batas Negara

17 Juni 2025
blank

Indonesia Jadi Contoh Sukses Terbaik Perangi Malaria

17 Juni 2025
blank

Kemenkes Siapkan Strategi Khusus Eliminasi Malaria di Papua, Target Bebas 2030

17 Juni 2025
blank

Bersatu Melawan Malaria: Seruan Indonesia untuk Mengakhiri Malaria Diluncurkan pada Pertemuan Asia Pasifik Eliminasi Malaria

17 Juni 2025
blank

SBY: Saya Yakin Pemerintah Indonesia Bisa Tuntaskan Malaria

17 Juni 2025
blank

Indonesia Serius Eliminasi Malaria: 79% Wilayah Sudah Bebas, Target Nasional Tuntas 2030

17 Juni 2025
Next Post
blank

Upaya Menekan Angka Kesakitan dan Kematian Jemaah Haji Setelah Armuzna

blank

CERDIK Tanggulangi Kanker

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Global Fund: Nyamuk Tak Kenal Batas Negara

17 Juni 2025
Berita Utama

Indonesia Jadi Contoh Sukses Terbaik Perangi Malaria

17 Juni 2025
Berita Utama

Kemenkes Siapkan Strategi Khusus Eliminasi Malaria di Papua, Target Bebas 2030

17 Juni 2025
Berita Utama

Bersatu Melawan Malaria: Seruan Indonesia untuk Mengakhiri Malaria Diluncurkan pada Pertemuan Asia Pasifik Eliminasi Malaria

17 Juni 2025

Rekomendasi Artikel

blank

COVID-19 Kembali Merebak di Luar Negeri, Masyarakat Diminta Waspada

20 Mei 2025
blank

Kini Check In PeduliLindungi Bisa Lewat Website

30 September 2022
blank

Cek Kesehatan Gratis Kado Ulang Tahun Dimulai, Ini 3 Cara Daftar

10 Februari 2025

Berita Populer

  • blank

    Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Besok PeduliLindungi Resmi Bertransformasi Menjadi SATUSEHAT Mobile

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Beri Perlindungan Tambahan, Lansia Diberikan Vaksin Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penerbitan STR Seumur Hidup Lebih Mudah Lewat Portal SATUSEHAT SDMK

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Jadwal Skrining Anda dan Keluarga

Jadwal Skrining Sesuai Siklus Hidup

22 September 2023
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.