Jakarta, 12 Desember 2019
Kementerian Kesehatan RI berhasil memboyong 6 penghargaan dalam negeri hingga luar negeri untuk bidang Pelayanan Publik dan Keterbukaan Informasi Publik.
Pada Kamis 21 November 2019, Kemenkes meraih penghargaan sebagai Badan Publik Informatif pada Anugerah Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2019. Kemenkes menjadi satu dari 34 Kementerian yang berhasil meraih penghargaan.
Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin kepada Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di Istana Wakil Presiden, Jakarta pada Kamis, 21 November 2019.
Berdasarkan hasil laporan dari Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Gede Narayana mengatakan bahwa jumlah badan publik yang informatif di tahun 2019 mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun sebelumnya yaitu 62,83% (2018) menjadi 74,37 (2019).
Sementara 92,94% partisipasi Badan Publik PTN, 55,96 % BUMN, 42,11 Lembaga Non Struktural, 78,26% Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, 85,29% Pemerintah Provinsi, 100% Kementerian, dan 100% partisipasi Badan Publik Partai Politik.
Dengan diperolehnya penghargaan ini menunjukkan bahwa Kemenkes telah melaksanakan serta membudayakan amanat Undang-undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik.
Kementerian Kesehatan juga meraih penghargaan The Gold Medal Winner and Rank #1 untuk kategori “Best Practice Innovation” Call Center di ajang Contact Center World 2019 (CCW 2019) tingkat Asia Pasifik. Penerimaan penghargaan dilakukan di JW Marriot Hotel Convention Phuket, Thailand. CCW 2019 digelar pada 14-19 Juli 2019.
Layanan Call Center Kementerian Kesehatan yakni Halo Kemenkes 1500567 menjangkau dan melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat. Masyarakat juga bisa menghubungi melalui pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.
Dalam penghargaan kategori “Best Practice Innovation” Call Center, Kementerian Kesehatan juga pernah meraih penghargaan yang sama pada tahun 2016. Penghargaan serupa juga di tingkat Asia Pasifik dan dunia di Las Vegas, Amerika Serikat.
Pada Jumat (6/12), Kemenkes melalui Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat menerima penghargaan bergensi Gold Medal Winner Contact Center SIAP 1500567 Kemenkes. Penghargaan tersebut diraih dalam ajang kompetisi Contact Center World Global 2019, di Barcelona, Spanyol.
Komunitas Contact Center World (CCW), memberikan medali emas kepada Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat drg. Widyawati, MKM untuk kategori layanan call center SIAP 1500567 Kemenkes.
Tak kalah membanggakan, Kemenkes masuk TOP 10 Instansi Pemerintah Penyelenggara Pelayanan Publik sebagai instansi pusat dengan katagori “Pengelola dengan Pendorong Perubahan Terbaik”.
Adapun Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Kementerian Kesehatan masuk TOP 3 sebagai unit pelaksana pelayanan dengan katagori “Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.”
Sedangkan yang masuk TOP 30 dari unsur unit pelaksana pengaduan yakni Ditjen Pelayanan Kesehatan, RSUP Persahabatan, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita dan RSUP Fatmawati.
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Tjahjo Kumolo memberikan penghargaan tersebut kepada perwakilan Kementerian Kesehatan, drg. Widyawati, MKM pada 9 Desember 2019 di Jakarta.
Keberhasilan Kementerian Kesehatan meraih TOP 30, TOP 10 dan TOP 3 setelah mengikuti seleksi dan evaluasi oleh panitia penyelenggara. Panitia menyeleksi dan mengevaluasi 312 peserta, terdiri dari 187 instansi pemerintah pusat dan 165 instansi pemerintah daerah.
Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.(D2)
Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM