Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Kamis, 15/05/2025
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Tidak Membedakan Pelayanan

Rokom by Rokom
23 September 2010
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Rumah Sakit Jantung & Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD-HK) tidak membeda-bedakan pasien karena status ekonominya, semua memiliki hak yang sama untuk mendapatkan layanan pengobatan. Dari semua pasien miskin tidak ada keluhan yang berarti terhadap pelayanan yang diberikan, termasuk standar pelayanan medisnya.

Hal itu dikatakan oleh Direktur Utama RSJPD-HK Jakarta dr. Anwar Santoso, PhD, Sp. JP dalam sambutannya saat konferensi pers tentang penyelenggaraan program pelayanan kesehatan kardiovaskuler bagi keluarga miskin pada Kamis (23/9/2010) di Jakarta.

Menurut dr. Anwar, program pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin merupakan salah satu fokus perhatian Rumah Sakit Jantung & Pembuluh Darah-Harapan Kita (RSJPD-HK) sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) seksi Caritas Direktorat Pelayanan Rumah Sakit yang tercantum dalam Permenkes RI No. 1682/Menkes/Per/XII/2005 tentang Organisasi & Tata Kerja RSJPD-HK Jakarta.

Dr. Anwar mengatakan, pada tahun 2006 jumlah kunjungan pasien program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) yang datang ke RSJPD-HK sebanyak 876 orang (9% dari total pasien), tahun 2007 meningkat menjadi 1.586 orang (15% dari total pasien), tahun 2008 sebanyak 1.478 orang (14% dari total pasien), tahun 2009 sebanyak 1.555 orang (14% dari total pasien), dan sampai dengan bulan Juni tahun 2010 berjumlah 386 orang. Jumlah ini akan terus bertambah sampai pada bulan Desember tahun 2010 nanti.

Dr. Anwar menyebutkan beberapa contoh pasien yang dirawat di RSJPD-HK dengan dibiayai program Jamkesmas. Diantaranya adalah Muhammad Fahri dari Cirebon, usia 1 bulan 8 hari, masuk mulai tanggal 20 Agustus 2010, sampai 22 September 2010 sudah diberikan perawatan dengan biaya sementara sebesar Rp 203.448.343,-. Ada juga Ferlisyer dari Papua, usia 7 tahun 9 bulan, masuk mulai tanggal 17 Agustus 2010, sampai dengan 22 September 2010 sudah diberikan perawatan dengan biaya sementara sebesar Rp 206.438.981,-. Kemudian ada Kamal, usia 27 tahun, mulai dirawat tanggal 19 September dan sampai 22 September 2010 sudah diberikan perawatan dengan biaya sementara sebesar Rp 72.805.873,-

Tindakan medis (operasi) yang dilakukan kepada pasien dari keluarga miskin pada tahun 2008 sebanyak 556 orang (158 dewasa & 398 anak-anak), kemudian pada tahun 2009 sebanyak 497 orang ( 178 dewasa & 319 anak-anak). Sementara untuk tahun 2010, sampai dengan bulan Agustus telah dilakukan operasi untuk 145 orang (40 dewasa & 105 anak-anak).

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Menkes Apresiasi Langkah Jakarta: Pasukan Putih dan Inovasi Layanan Promotif-Preventif untuk Kesehatan Masyarakat

14 Mei 2025
blank

Tim Sanitasi dan Pengamanan Pangan KKHI Madinah Rutin Lakukan Inspeksi

13 Mei 2025
blank

Kenali Tanda-tanda Masalah Kesehatan Jiwa Jemaah Haji di Tanah Suci

11 Mei 2025
blank

Jemaah Haji Gelombang I Mulai Bergerak ke Makkah, KKHI Lakukan Langkah Strategis Penguatan Pelayanan Kesehatan

11 Mei 2025
blank

Perkuat Layanan Kesehatan Haji, Kemenkes Dorong Peran Strategis Pelayanan Kefarmasian

11 Mei 2025
blank

KKHI Madinah Perkuat Jejaring Layanan Kesehatan

11 Mei 2025
Next Post
blank

Pelayanan Kefarmasian dalam Pelayanan Kesehatan Jama'ah Haji

blank

Hari Rabies Sedunia 2010

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Pemerintah Pantau Kesehatan Jemaah Haji Secara Real-Time dengan Sistem Satu Data

14 Mei 2025
Berita Utama

Menkes Apresiasi Langkah Jakarta: Pasukan Putih dan Inovasi Layanan Promotif-Preventif untuk Kesehatan Masyarakat

14 Mei 2025
Berita Utama

Tim Sanitasi dan Pengamanan Pangan KKHI Madinah Rutin Lakukan Inspeksi

13 Mei 2025
Berita Utama

Kenali Tanda-tanda Masalah Kesehatan Jiwa Jemaah Haji di Tanah Suci

11 Mei 2025

Rekomendasi Artikel

blank

Cek Kesehatan Gratis Kado Ulang Tahun Dimulai, Ini 3 Cara Daftar

10 Februari 2025
blank

Penerbitan STR Seumur Hidup Lebih Mudah Lewat Portal SATUSEHAT SDMK

11 Oktober 2023
blank

Cek Kesehatan Gratis Kado Ulang Tahun Dimulai 10 Februari 2025

7 Februari 2025

Berita Populer

  • blank

    Masyarakat Umum Sudah Bisa Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Besok PeduliLindungi Resmi Bertransformasi Menjadi SATUSEHAT Mobile

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Beri Perlindungan Tambahan, Lansia Diberikan Vaksin Booster Kedua

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Penerbitan STR Seumur Hidup Lebih Mudah Lewat Portal SATUSEHAT SDMK

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Jadwal Skrining Anda dan Keluarga

Jadwal Skrining Sesuai Siklus Hidup

22 September 2023
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Mediakom
  • Majalah
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.