Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Rabu, 01/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Tim Cluster Kesehatan Layani 6 Pasien

Rokom by Rokom
30 Desember 2018
Reading Time: 1 min read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Lampung, 30 Desember 2018

Sebanyak 6 pasien korban tsunami di Pos Kesehatan Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Lampung, telah terlayani. Keenam pasien itu terdiri dari 4 orang dewasa dan 2 orang Lansia.

Tiga penyakit terbanyak adalah hipertensi, gastritis, dan luka ringan akibat tsunami. Namun demikian dalam melakukan pelayanan di pos kesehatan, tim cluster kesehatan masih menghadapi beberapa kendala, yakni akses jalan dan sampah lingkungan.

Akses jalan masuk ke lokasi diketahui tidak sesuai aturan Dinas Perhubungan, yakni masuk lewat Kalianda, Canti, Way Muli, Kunjir, keluar lewat Gayam sehingga menyebabkan jalanan menjadi macet padat merayap.

Selain itu di sekitaran posko masih terlihat penumpukan sampah. Manajemen sampah dilakukan dengan dikumpulkan di kantung plastik kemudian dibakar.

Dalam penggunaan air, sementara ini pengungsi menggunakan air PDAM dan air pegunungan. Tersedia 8 jamban yang bisa digunakan, terdiri dari 4 toilet dan 4 WC portable.

Berbeda dengan kondisi di pos pengungsian wiilayah Gunung Sukaraja. Kondisi sampah di sekitar tempat pengungsi dinilai kurang baik dan belum ada penampungan sampah.

Ditambah belum tersedianya jamban sehingga mengharuskan pengungsi melakukan aktifitas di sungai. Terkait pengolaan sampah maupun penggunaan jamban, tim cluster kesehatan sudah memberikan penyuluhan secara personal kepada pengungsi, baik penyuluhan terkait kesehatan lingkungan maupun PHBS.

Selanjutnya, hari ini akan dilakukan kegiatan vektor nyamuk dan lalat di Desa Sukaraja bagian bawah pegunungan, pemeriksaan kualitas air bersih di Desa Kunjir, membantu pelayanan medis di Pos Kesehatan Kunjir, melakukan penyuluhan PHBS kepada pengungsi, mendistribusikan bantuan logistik kepada yang membutuhkan, dan melakukan abatisasi di tempat penampungan air di posko Kunjir.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (D2)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Widyawati, MKM

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Kemenkes Perkuat Rantai Logistik Vaksin Untuk Daerah Terpencil

31 Januari 2023
blank

Indonesia Bangun Center of Excellence Penyakit Katastropik Wilayah Timur

31 Januari 2023
blank

Penuhi Kebutuhan Nakes, Kemenkes Transformasikan Poltekkes

31 Januari 2023
blank

Sejumlah Penyakit Tropis Ini Harus Diwaspadai

30 Januari 2023
blank

Waspada, 4 Masalah Gizi ini Berisiko Anak jadi Stunting

27 Januari 2023
blank

Prevalensi Stunting di Indonesia Turun ke 21,6% dari 24,4%

25 Januari 2023
Next Post
blank

Layanan Ambulan Gratis untuk Pasien Terdampak Tsunami

blank

18 Pos Kesehatan Layani Korban Tsunami di Kabupaten Lampung Selatan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.