Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Senin, 06/02/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Jemaah Haji Apresiasi Layanan Kesehatan

Rokom by Rokom
28 Juli 2019
Reading Time: 2 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Makkah, 26 Juli 2019

Ungkapan rasa syukur dan apresiasi atas pelayanan kesehatan beberapa kali diterima oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bidang kesehatan 2019. Salah satunya seperti yang diinformasikan oleh petugas kesehatan kloter BTH 08 Embarkasi Batam. Pesan singkat yang disertai foto beredar luas di beberapa grup aplikasi percakapan whatsapp petugas kesehatan kemarin (25/7).

“Alhamdulillah. Alhamdulillah. Tak henti mengucapkan syukur atas kasih sayang Allah terhadap jemaah kami bapak Sumarto. Dirujuk karena haematemesis melena [muntah daerah] dan dirawat di RSAS Fayad. Terpasang ventilator selama 13 hari, bisa kembali dalam keadaan sehat dan tersenyum kembali,” demikian pesan dr. Pasniwati, Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) kloter BTH 08.

Awalnya, Sumarto (74 tahun), salah seorang jemaah haji asal Kabupaten Kampar, Riau, pada Sabtu (13/7) lalu hanya mengalami sakit kepala usai menjalankan salat Ashar. Saat itu ia bersama kloternya baru saja dua hari berada di Madinah. Kondisinya memburuk setelah Magrib. Ia mengalami muntah darah.

Setelah melakukan pertolongan pertama, TKHI kemudian segera konsultasi ke pos kesehatan sektor. Setelah ditangani bersama Tim Gerak Cepat (TGC) sektor 1 Madinah, pasien diberikan infus oleh TKHI. Sebelum akhirnya diputuskan untuk merujuk ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah dengan ambulans.

Di KKHI Madinah, Sumarto tidak sempat dirawat lama, hanya berkisar 2 jam. Pada dini hari (14/7) ia dirujuk lagi ke RS Fayad di Makkah Arab Saudi. Langsung diterima di IGD lalu masuk ke Intensive Care Unit (ICU). Keesokan harinya ia dipasangi ventilator atau alat bantu pernapasan. Saat itu ia dalam kondisi tidak sadarkan diri.

Sumarto didiagnosis menderita gastric ulcer atau luka lambung. Di RS Fayad ia dirawat cukup lama, tiga belas hari. Selama perawatan, ia mengaku setiap hari selalu rutin divisitasi oleh tenaga kesehatan RS dan KKHI Makkah. TKHI pun selalu menjalin komunikasi dengan dokter yang merawatnya untuk memantau kondisi kesehatan Sumarto.
“Mbah ini tabah orangnya, gak gampang panik. Jadi kita tim medis pun enak kasih tindakan. Istrinya juga sabar,” ujar Pasniwati.

Kini Sumarto sudah kembali ke kloternya. Ia merasa sudah jauh lebih baik, tinggal memulihkan kembali kondisinya seperti semula. Saat Tim Promotif Preventif mengunjunginya di Hotel 111 Makkah, ia sedang asyik berbincang dengan istri dan rekan-rekan sekamarnya. Ia sudah bisa berjalan walaupun masih tertatih. Salat pun bisa ia jalani sendiri. Menurutnya, pelayanan di KKHI Madinah dan RS Arab Saudi cepat dan ramah. Ia juga mengaku tidak dipungut biaya sedikit pun selama mendapatkan layanan kesehatan, mulai dari kloter, sektor, KKHI hingga RS.
“Saya ditanya-tanya, bapak orang mana? Ramah-ramah semua itu,” kata Sumarto yang asli Banyumas.

blank

Beberapa waktu sebelumnya, Mat Ansori bersama istrinya yang tergabung dalam kloter SOC 17 Embarkasi Solo, juga merasakan pelayanan pemerintah kepada jemaah khususnya di bidang kesehatan sangat baik. Baik ketika ia dan kloternya berada di Madinah maupun saat sudah di Makkah seperti sekarang.

“Temen-temen dokter sangat memperhatikan. Selama ini lancar. Setiap ada keluhan langsung dokter datang memberikan obat kepada kami. Terima kasih semuanya,” ucap Ansori kepada anggota TGC sektor 10 Makkah.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes, Dr. dr. Eka Jusup Singka, MSc, mengaku bangga dan bersyukur atas kinerja petugas kesehatan yang memberikan kemampuan terbaiknya. Ia berharap itu semua tidak membuat lupa diri.
“Kita harus tetap tawadhu,” kata Eka berpesan kepada timnya.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id. (AM)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat
drg. Widyawati, MKM.

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut Pada Anak, Pemerintah Siapkan Langkah Antisipatif

6 Februari 2023
blank

Menkes Ajak Masyarakat Berani Deteksi Dini Kanker

4 Februari 2023
blank

Kemenkes dan MD Anderson Cancer Center Jalin Kerja Sama Atasi Kanker

3 Februari 2023
blank

Hasil Sero Survei ke-3 : Antibodi Tertinggi pada Orang yang Booster

3 Februari 2023
blank

Sukseskan Reformasi Rumah Sakit, Menkes Akan Tiru Inovasi Pelayanan Kesehatan di RSUD dr. Iskak Tulungagung

2 Februari 2023
blank

Kemenkes Bersama Komisi IX DPR RI Pastikan Penyiapan Fasilitas Kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN)

2 Februari 2023
Next Post
blank

FGD Sosialisasi Hasil Ijtima MUI untuk Ciptakan Dakwah Kesehatan Haji

blank

Menkes Serahkan Sertifikat JCI dan Meresmikan Gedung Anggrek RSUP Dr. Hasan Sadikin

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.