Sehat Negeriku
No Result
View All Result
Kamis, 21/09/2023
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
No Result
View All Result
Sehat Negeriku
No Result
View All Result

Jadi Praktek Baik Nasional, Menkes Apresiasi Transformasi Layanan Primer Puskesmas Jereweh, Sumbawa Barat

Rokom by Rokom
14 Oktober 2022
Reading Time: 3 mins read
A A
0
blank
Bagikan di FacebookBagikan di WhatsappBagikan di Line

Sumbawa Barat, 14 Oktober 2022

Kementerian Kesehatan memperkuat komitmennya dalam melakukan transformasi pelayanan primer dengan melakukan ujicoba Integrasi Layanan Primer (ILP) selama 90 hari di 9 lokasi yang mewakili wilayah perkotaan, pedesaan, desa terpencil, dan desa sangat terpencil.

Salah satu lokasi ujicoba adalah Puskesmas Jereweh yang berkesempatan dikunjungi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Jumat (14/10).

Dalam kunjungannya, Menkes mengapresiasi fasilitas pelayanan kesehatan primer yang ada di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat. Apresiasi tersebut, disampaikan usai melihat secara langsung pelayanan kesehatan, fasilitas kesehatan dan SDM kesehatan yang ada di Posyandu Prima dan Puskesmas.

“Saya sangat kagum, saya sudah datang mungkin ke lebih dari 100 Puskesmas, dan ini salah satu yang terbaik yang saya pernah saya lihat,” kata Menkes.

Menkes menilai, berbagai pelayanan yang ada di Puskesmas Jereweh telah sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang mencakup standar pelayanan kesehatan yang layak yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing pasien, optimalisasi edukasi dan pemantauan kesehatan masyarakat serta penguatan promotif preventif termasuk deteksi dini penyakit.

Pelayanan kesehatan juga telah mencakup seluruh siklus hidup manusia, mulai dari bayi hingga lansia dan telah terintegrasi dengan  pelayanan kesehatan di tingkat dusun yakni Posyandu Prima dan Posyandu Keluarga milik Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Melalui integrasi ini, tadi saya lihat datanya sudah banyak masyarakat di Desa Beru dan Desa Goa yang mendapatkan pelayanan kesehatan primer berkualitas sesuai dengan kebutuhannya masing-masing,” ujar Menkes.

Tak hanya itu,  juga mengapresiasi semangat dan antusiasme kader-kader kesehatan di Posyandu Prima dan Puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata.

Pasalnya, dalam kurun waktu 3 bulan, program kunjungan rumah terselesaikan dan kunjungan masyarakat ke fasilitas pelayanan kesehatan kian meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa perlahan kesadaran masyarakat untuk mengecek kesehatan serta kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan semakin meningkat.

“Peranan kader-kader di Posyandu dan Puskesmas sangat penting. Karenanya di setiap kunjungan, saya bukan hanya ketemu para dokter, saya juga bertemu dengan para kader karena mereka memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” terang Menkes.

Meski telah berjalan dengan lancar, Menkes berharap praktik baik tersebut bisa terus ditingkatkan, diperluas dan diaplikasikan di Puskesmas daerah lain dalam kerangka mencapai tujuan Integrasi Layanan Primer yakni penyediaan layanan kesehatan dasar yang bermutu, berkualitas dan mudah diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.

Untuk mewujudkan target tersebut, Menkes menekankan bahwa Kementerian Kesehatan tidak bisa bekerja sendiri. Harapannya, transformasi kesehatan ini menjadi gerakan bersama yang tidak hanya dikerjakan pemerintah, melainkan dilaksanakan secara gotong royong dengan seluruh komponen bangsa termasuk pemerintah daerah, tenaga kesehatan, dan masyarakat agar fasilitas pelayanan kesehatan di seluruh pelosok Tanah Air semakin merata dan berkualitas.

“Tidak mungkin kita bisa melakukannya sendiri, kita harus bersama-sama. Tidak mungkin kita bisa eksklusif, Kemenkes harus inklusif. Tidak mungkin ini berhasil kalau kita pendekatannya hanya pendekatan program tetapi ini harus menjadi pendekatan yang sifatnya gerakan, dimana semua komponen bangsa ikut berperan untuk menyukseskan transformasi layanan kesehatan primer kita,” pungkas Menkes.

Hotline Virus Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak@kemkes.go.id (MF)

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik

dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid

ShareSendShare
Rokom

Rokom

Redaksi Sehat Negeriku

Informasi Terkait

blank

Penguatan Anggaran Kesehatan Berbasis Kinerja Melalui UU Kesehatan

21 September 2023
blank

Peraturan Turunan UU Kesehatan Atur Soal Penyelenggaraan Kesehatan Melalui Telekesehatan dan Telemedisin

21 September 2023
blank

Undang-undang Kesehatan Memberikan Porsi Kepada Masyarakat Untuk Berpartisipasi Dalam Pembangunan Kesehatan

21 September 2023
blank

Membangun Ketahanan Kesehatan Nasional Melalui UU Kesehatan

21 September 2023
blank

Uji Publik Substansi Pelayanan Kedokteran untuk Kepentingan Hukum

20 September 2023
blank

Aspirasi Publik dalam Pembangunan Kesehatan Jiwa sebagai bagian dari Amanah UU Kesehatan

20 September 2023
Next Post
blank

Angka Diabetes Tinggi, Menkes Ajak Masyarakat Terapkan Hidup Sehat

blank

Transformasi Layanan Primer : Kesehatan Jiwa Ditekankan Pada Program Promotif Preventif

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tweet oleh @KemenkesRI
Berita Utama

Indonesia Sampaikan Kesiapan Kolaborasi dalam Pembahasan Isu Kesehatan Presidensi G20 Tahun 2022

13 September 2021
Berita Utama

Kemenkes Tingkatkan Layanan Kesehatan Gigi dan Mulut Yang Aman Dari Penularan COVID-19

12 September 2021
Berita Utama

Wamenkes Dante Minta Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus COVID-19

11 September 2021
Berita Utama

Belajar dari Pandemi COVID-19, Menkes Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan yang Memperhatikan Aspek Kesehatan dan Lingkungan

11 September 2021

Rekomendasi Artikel

blank

Sertifikat Vaksin & Data Bermasalah? Ini Solusinya

14 Agustus 2021
blank

Terlambat Vaksinasi COVID-19 Dosis Kedua Tidak Akan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

3 Agustus 2021
blank

Kemenkes Tegaskan Vaksin Moderna Hanya untuk Booster Nakes dan Publik yang Belum Pernah Menerima Vaksin COVID-19

13 Agustus 2021

Berita Populer

  • blank

    Penerima Vaksinasi COVID-19 dapat Registrasi via WA

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin COVID-19 Merek Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, dan Novavax Tidak Dapat Dipergunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Pemerintah Tetapkan Batasan Tarif Pemeriksaan Rapid Test Antigen-Swab

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Vaksin AstraZeneca Aman, Penghentian Sementara Hanya Pada Kelompok CTMAV547

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Virus Corona Varian Baru B.117, B.1351, B.1617 Sudah Ada di Indonesia

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
Sehat Negeriku

Sehat Negeriku adalah kanal berbagi informasi tentang kegiatan Kementerian Kesehatan, baik berupa rilis yang dikeluarkan Kemenkes, dokumentasi foto dan video, maupun tulisan ringan seputar info-info kesehatan.

Jejaring Website Terkait

  • Kementerian Kesehatan RI
  • Biro Komyanmas

Informasi Lainnya

  • Tentang Sehat Negeriku
  • Peta Situs
blank
Infografis

Hari Tanpa Tembakau Sedunia

31 Mei 2019
blank
Infografis

Lebaran Sehat

19 Februari 2019
blank
Infografis

Mudik Sehat dan Aman

19 Februari 2019
blank
Infografis

Lansia Indonesia

19 Februari 2019
blank
Infografis

Sahur Sehat

19 Februari 2019

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.

No Result
View All Result
  • Beranda
  • Rilis Sehat
  • Foto Sehat
  • Video Sehat
  • Infografis
  • Komik Sehat
  • Blog Sehat
  • Mediakom
Langganan Newsletter

© 2021 Sehat Negeriku - Biro Komunikasi & Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI.