Menkes Ajak Masyarakat Sulawesi Utara Makan Ikan, Sayur dan Buah

0

Manado, 11 Agustus 2017

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek Sp.M(K) memberi sambutan pada Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Sulawesi Utara sekaligus pencanangan program Sulawesi Bergerak di Hotel GKCC, Manado (11/8). Dalam sambutannya, Menkes mengungkapkan bahwa di Sulawesi Utara tidak sulit untuk menemukan ikan untuk dijadikan menu santapan sehari–hari.

”Sulawesi Utara memilki banyak ikan tentunya harus mendorong masyarakat untuk makan ikan. Saya kira kalau di sini tidak sulit (mencari ikan) sudah merupakan santapan sehari-hari. Ikan ini adalah protein. Kita tidak harus berpikir untuk selalu menyediakan daging. Lebih baik kita memakan ikan yang sama tingginya proteinnya bahkan lebih sehat”, ujar Menteri Kesehatan.

Secara umum komposisi protein hewani pada ikan sebenarnya tidak terlalu berbeda kandungannya dengan protein hewani lainnnya. Namun, ikan dikatakan lebih menyehatkan karena lemak yang terkandung dalam ikan bukan merupakan lemak jenuh. Sebagai salah satu sumber protein hewani, ikan mengandung asam lemak tak jenuh (omega, yodium, selenium, fluoride, zat besi, magnesium, zink, taurin, serta coenzyme Q10). Selain itu, kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibanding sumber protein hewani seperti daging sapi dan ayam.

Selain ikan, Menkes meminta masyarakat Sulawesi Utara untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Disini banyak pakis dan banyak bunga pepaya, itu anti oksidannya tinggi sekali untuk dimakan, Sulawesi Utara ini sangat subur dan kita bisa makan-makanan khas lokalm,” tambah Menkes.

Seperti kita ketahui, anti oksidan mampu menangkal senyawa-senyawa hasil reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas yang menyebabkan penurunan kondisi kesehatan tubuh.

Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menguhubungi Halo Kemkes melalui nomor hotline 1500-567. SMS 081281562620, faksimili (021) 5223003, dan alamat email kontak@kemkes.go.id.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat

drg. Oscar Primadi, MPH

Bagikan.

Tentang Penulis

Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat melaksanakan koordinasi dan pelaksanaan komunikasi publik melalui media massa dan opini publik, pelayanan informasi publik serta hubungan antar lembaga.

Tinggalkan Balasan